Rabu, 23 Oktober 2019

Cara kerja oranger Pos Indonesia

Cara kerja oranger Pos Indonesia
Foto-Pos Indonesia
Oranger Pos Indonesia merupakan mitra Pos Indonesia yang bertugas untuk memasarkan produk Pos Indonesia dan melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area. Ruang lingkup penjualan Oranger yaitu pemasaran dan penjualan produk jasa kurir pada segmen ritel, yakni jasa Pos Express dengan batas waktu kiriman maksimal H+1 dan Pos Kilat Khusus dengan jarak tempuh 2 hari untuk di dalam pulau Jawa dan maksimal 4 hari untuk pengiriman ke luar pulau Jawa. Kedua produk yang ditawarkan ini menetapkan batas maksimal berat paket yakni 30 kg. Sementara besar tarif ditentukan oleh jarak dan satuan berat. Tugas Utama Oranger antara lain:

  • Direct selling (kegiatan penjualan langsung dengan mendatangi pelanggan).
  • Pick up service (layanan antar jemput kiriman tanpa dipungut biaya).
  • Canvassing (kegiatan pendataan pelanggan). 
  • Sasaran pasar untuk Oranger adalah,
  • Merchant/Pebisnis Online.
  • Toko dan pedagang di Pusat Perbelanjaan/Pusat Grosir/Toko Oleh-oleh.
  • Usaha Kecil dan Menengah
  • Perkantoran
  • Perumahan/Apartemen/Residensial

Cara kerja Oranger kantor pos dapat digambarkan melalui langkah-langkah sebagai berikut.


  • Menawarkan produk yang sudah dijelaskan sebelumnya kepada calon pelanggan di lokasi penjualan yang sudah ditentukan.
  • Calon pelanggan yang tertarik akan didata oleh Oranger melalui aplikasi terkait info barang beserta tarifnya. 
  • Pelanggan kemudian memberikan barang dan uang kepada Oranger dan diberi resi digital kemudian barang pun masuk ke dalam tas angkutan Oranger. 
  • Pelanggan yang telah terdaftar selanjutnya dapat meminta penjemputan barang di manapun dan kapanpun.
  • Setelah selesai dengan satu pelanggan, Oranger kembali mencari calon pelanggan lain. 
  • Apabila calon pelanggan yang ditawari produk menolak, Oranger melakukan canvassing. Yakni, mendata nama pelanggan atau nama toko, alamat, jenis barang dan nomor telepon. 
  • Setelah tas angkutan dirasa cukup penuh, Oranger dapat menyerahkan barang-barang tersebut ke titik layanan pos terdekat (Kantor Pos, Booth, Mobil Pos) dan kembali mencari calon pelanggan selanjutnya.

Manfaat menggunakan jasa Oranger bagi pelanggan Pos Indonesia


  • Pengiriman paket tanpa perlu ke Kantor Pos.
  • Tidak dipungut biaya penjemputan.
  • Tersedia paket online shop.
  • Layanan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Blog Kanal Pos Indonesia menyediakan informasi seputar Pos dan cara kirim uang lewat pos, cara kirim wesel pos, cara kirim uang western union, tips dan trik, seputar IT, tutorial dll

Berkomentarlah dengan bijak, kata-kata anda akan berguna bagi orang lain
EmoticonEmoticon